Efektivitas Komunikasi Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Pencegahan Konflik Keagamaan di Kabupaten Labuhanbatu

Main Article Content

Etika Sari
Elis Mayanti Rambe

Abstract

Religion has an important role in the life of nation and state, therefore religion can not stand alone but there is institutions coorpeartion as a stake holder one of them is FKUB has a role in delivering communication messages that can effectively prevent religious conflicts. This research was conducted in Labuhanbatu aims to find out the communication forms of FKUB management in conflict prevention in Labuhanbatu and aim to know the obstacles faced and solution in prevention in Labuhanbatu conflict. This research method is qualitative or naturalistic research, because the focus point of this research is on observation and natural atmosphere. The results of this study indicate that FKUB management performs some form communication form such as group communication, held in various forms such as discussion, by conducting trainings and seminars by inviting interfaith leaders who aim to create harmony of religious people and to prevent religious conflicts in Labuhanbatu District. In carrying out its activities FKUB board also has constraints such as limited funds provided by local government, not maximal communication between board FKUB to the areas in Labuhanbatu in socializing PBM No. 8 and 9 years 2006, Lack of facilities to support the FKUB activities or programs implementation.


Agama memiliki peran yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh karenanya agama tidak dapat berdiri sendiri melainkan ada kerja sama kepada lembaga-lembaga sebagai stakeholder salah satunya adalah FKUB memiliki peranan dalam menyampaikan pesan-pesan komunikasi yang dapat mencegah konflik keagaman secara efektif. Penelitian ini dilakukan di Labuhanbatu bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi pengurus FKUB dalam pencegahan konflik di Labuhanbatu serta bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi serta solusi dalam pencegahan Konflik di Labuhanbatu. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif atau naturalistik, karena titik fokus penelitian ini adalah pada observasi dan suasana alamiah (naturalistic setting). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengurus FKUB melakukan beberapa bentuk komunikasi seperti komunikasi kelompok, yang diadakan dengan berbagai bentuk seperti Diskusi, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dan seminar dengan mengundang tokoh-tokoh lintas agama yang bertujuan untuk mencipatakn kerukunan umat beragama dan melakukan pencegahan terhadap konflik keagamaan di Kabupaten Labuhanbatu. Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya pengurus FKUB juga memiliki kendala di antaranya keterbatasan dana yang disediakan oleh Pemerintah daerah, belum maksimalnya komunikasi antar pengurus FKUB sampai ke daerah-daerah di Labuhanbatu dalam melakukan sosialiasi PBM Nomor 8 dan 9 tahun 2006, kurangnya fasilitas penunjang pelaksanaan kegiatan atau program FKUB

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari , Etika, and Elis Mayanti Rambe. “Efektivitas Komunikasi Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Pencegahan Konflik Keagamaan Di Kabupaten Labuhanbatu”. Jurnal Bimas Islam 11, no. 2 (June 30, 2018): 325–364. Accessed March 28, 2024. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/56.
Section
Articles

References

A. Rahman Zainuddin, “Komunikasi Politik Indonesia Barat, Islam dan Pancasila, Sebuah Pendekatan Teoritis” dalam Maswadi Rauf dan Mappa Nasrun (ed), Indonesia dan Komunikasi Politik, Jakarta AIPI & Gramedia Pustaka Utama, 1993.
Agitha Gaun, “Peran FKUB Kabupaten Purworejo Sebagai Salah Satu Wadah Pencegahan Konflik Antar Umat Beragama”, Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 3, No.2, May 2015.
Ali, Mursyid (E.d), Pemetaan Kerukunan Kehidupan Beragama di Berbagai Daerah diIndonesia, cet I, Jakarta: CV. Prasasti, 2009.
Arikunto, Suharismi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta,1997.
Aw, Suwarnto, Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Departemen Agama, Al-Qur'an dan terjemahannya, Surat yunus:99, Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
Faturrahman, Agus, Pertentangan-pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Firdaus, “Konstruksi Umat beragama di Jayapura (studi tentang peran FKUB dalam memelihara kerukunan)”, Jurnal: program pascasarjana, 19 April 2017.
Al-Munawar, Said Agil Husin, Fikih Hubungan Antar Agama, Ciputat: PT. Ciputat Press, 2005.
Kustini, peranan Forum Kerukunan Umat Beragama Dalam Pelaksanaan pasal, 8, 9 dan 10 Tahun 2006, cet I, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Maloho Jaya Abadi Press, 2010.
Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi, Metode Penelitian., Bumi Aksara, Jakarta, 2003.
Rakhmat, Jaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2007.
Rakhmat, Jalaluddin, Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.
Suarman, Adat Miangkabau nan salingka hiduik, 2005
Sugiono, Metodologi penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2007.
Wok, Saodah, et.al, Teori-Teori Komunikasi, Kuala Lumpur: PTS Publications & Distributors SDN BHD, 2004

Most read articles by the same author(s)