Pengaruh Perpustakaan Masjid Istiqlal Terhadap Dakwah Literasi Keislaman
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to determine the role of the Istiqlal Masjid Islamic Library in Islamic education in the New Order Period. This study uses historical methods, using a contemporary social history approach by carrying out four stages, namely heuristics, criticism, interpretation and history. From this study it was found that the library had many roles in Indonesia education during the New Order era. The Istiqlal Masjid Library is a reference for every Islamic library in Indonesia. Then the Istiqlal Library was also a pioneer of digital libraries in the Islamic library. The results of this research can be a reference for Islamic libraries or Masjid libraries in managing libraries.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran Perpustakaan Islam Masjid Istiqlal dalam pendidikan Islam pada Masa Orde Baru. Penelitian ini menggunakan metode historis, dengan menggunakan pendekatan sejarah sosial kontemporer dengan melakukan 4 tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historis. Dari penelitian ini didapatkan bahwa perpustakaan memiliki banyak peran terhadap pendidikan di Indonesia pada masa Orde Baru. Perpustakaan Masjid Istiqlal merupakan acuan dari setiap perpustakaan Islam di Indonesia. Kemudian Perpustakaan Istiqlal juga merupakan perintis perpustakaan digital di perpustakaan Islam. Hasil penilitian ini bisa menjadi bahan acuan bagi perpustakaan Islam ataupun perpustakaan masjid dalam mengelola perpustakaan
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Basuki, Sulistyo, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: PT. Gramedia Utama, 1993.
Badrika, I Wayan, Sejarah Untuk SMA Jilid 3 Kelas XII Progran Ilmu Sosial, Jakarta: Erlangga, 2006.
Buchori, Mochtar, Peranan Pendidikan Dalam Pembentukan Budaya Politik di Indonesia, dalam Quo Vadis Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta: Kanisius, T.tp.
Departemen Agama RI, Amal Bakti Departemen Agama RI: Eksistensi dan Derap Langkahnya, Jakarta: Depag RI, 1996.
Departemen Agama RI, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional (Paradigma Baru), Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2005.
Departemen Agama RI, Pola Kebijaksanaan Pemerintah di Bidang Agama dalam Pembangunan Nasional, Jakarta: Proyek Perencanaan Peraturan Perundangan Keagamaan, 1980.
Gafar, Afan, Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Hill, Transformasi Ekonomi Indonesia Sejak 1966; Sebuah Studi Kritis dan Komprehensif, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1996.
Hidayat, Komarudin, Psikologi Beragama: Menjadikan Hidup Lebih Nyaman dan Santun, Jakarta: Penerbit Hikmah, 2006.
Irawan, Prasetya, Logika dan Prosedur Penelitian, Jakarta: STIA-LAN, 2004.
Karim, Abdul, “Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuanâ€, Fikrah, Vol. 2, No. 1, Juni, 2014.
Keputusan Menteri Agama No. 310 Tahun 1989 tentang Status Madrasah Swasta di Lingkungan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Keputusan Menteri Agama No. 5 Tahun 1977 tentang Persamaan Ijazah Madrasah Swasta dengan Ijazah Madrasah Negeri.
Keputusan Menteri Agama No. 742 Tahun 1997 Tentang Status Madrasah Swasta Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Lingkungan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, sebagaimana dimuat dalam Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Pendidikan Nasional (Perguruan Agama Islam). Jakarta: Dirjen Binbaga Islam Depag RI, 1999/2000.
Krisyanto, Teknis Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Prenada Media Group, 2006.
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Perpustakaan Nasional RI, Pedoman Penyelenggaraan Umum, Jakarta: Perpusnas, 2006
Prawiro, Radius, Pergulatan Indonesia Membangun Ekonomi; Pragmatisme dan Aksi Jakarta: Elex Media Komputindo, 1998.
Qalyubi, Syihabuddin, dkk (Ed). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007.
Rahayuningsih, Pengelolaan Perpustakaan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.
Sastradipoera, Komarudin, Mencari Makna Dibalik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Sutarno NS., Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: CV. Sagung Seto, 2006.
Yanto, “Sejarah Perpustakaan Bait al-Hikmah pada Masa Keemasan Dinasti Abbasiah†Tammadun, Vol. XV, No. 1/ Januari-Juni, 2015.
Yuningsih, Heni, “Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru†Jurnal Tarbiya, Vol. 1, No. 1, 2015.
Zuhrah, Fatimah, “Perpustakaan Sebagai Pusat Studi Islam: Mengenang Kemajuan Perpustakaan Islam Abad Keemasan Islamâ€, Jurnal Iqra, Vol. 02 No. 02, 2008