Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Kursus Pra Nikah bagi Calon Pengantin (catin)

Main Article Content

Arif Rahman

Abstract

In the marriage purpose principle is the creation of happiness in the world and the hereafter. But in the reality of life problems arise and lead to divorce. In addition, many brides do not know about the Marriage Law and the Compilation of Islamic Law relating to marriage. A study reveals that among the causes of divorce is the lack of bride provision about knowledge of marriage. Research methodology in this paper uses library research which is digging through library data. The results obtained are that every Moslem headman in addition to having mastery competencies in material about marriage or munakahat fiqh but also must be able to use methods that are easily accepted by each bride, using the method of Active, Innovative, Creative, Effective and Fun Learning (PAIKEM).


Pada prinsipnya tujuan dari pernikahan adalah terciptanya kebahagiaan di dunia dan akhirat. Tetapi dalam realitas kenyataan kehidupan masalah timbul dan berujung kepada perceraian. Selain itu, banyak calon pengantin yang tidak mengetahui tentang UU Perkawinan serta Kompilasi Hukum Islam yang berkenaan dengan pernikahan. Sebuah penelitian mengungkapkan diantara penyebab perceraian adalah kurangnya bekal para calon pengantin tentang pengetahuan pernikahan atau perkawinan. Metodologi Penelitian dalam makalah ini menggunakan library research yakni menggali lewat data perpustakaan. Hasil yang didapat adalah bahwa setiap penghulu selain harus memiliki kompetensi penguasaan materi tentang perkawinan atau fiqih munakahat tetapi juga harus dapat menggunakan metode yang mudah diterima oleh setiap calon pengantin, yaitu menggunakan metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan  (PAIKEM)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahman, Arif. “Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Kursus Pra Nikah Bagi Calon Pengantin (catin)”. Jurnal Bimas Islam 11, no. 3 (September 30, 2018): 571–600. Accessed November 23, 2024. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/63.
Section
Articles

References

Abimanyu, S. dan La Sulo, S. L. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Agus, Suprijono,Cooperatif Learning: Teori dan Aplkasi PAIKEM, Cet ke-X, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Al-Bukhari, Shahih Al-bukhori, (Lebanon : Dar el-Fikr)
Darmansyah, Stategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor, Cet Ke-2, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Departemen Agama RI, Panduan Pembelajaran, Bina Mitra Pemberdayaan Madrasah, Jakarta, 2005.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2001).
Hamzah, Uno. B. & Mohamad Nurdin, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Cet ke- 1, Jakarta: PT: Bumi Aksara, 2011.
http://health.liputan6.com/read/2028251/jumlah-perceraian-pasutri-di-indonesia-333-ribu-per-tahun.
Jauhar Mohammad, Implentasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik, Cet ke-1, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2011.
Jauhar, Mohammad, Implentasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik, Cet ke-1, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2011.
PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 19, ayat (1)
Rusman. Dr. M.Pd, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet Ke-4, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2010.
Saleh, K. Wantjik, Hukum Perkawinan Indonesia, Jakarta: Galia Indonesia, 1976.
Silberman, Melvin L, Active Learning : Strategi Pembelajaran Aktif, Penerjemah Sarjuli, Yogyakarta: APPENDIS, 2001.
Tayar, Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Trianto, Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP), Cet ke-4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004