Pemikiran Hisab Rukyah Klasik Studi Atas Pemikiran Muhammad Mas Manshur al-Batawi

Main Article Content

Ahmad Izzuddin

Abstract

Abstraksi


Pemikiran keislaman di Indonesia pada umumnya merupakan hasil jaringan ulama dengan ulama-ulama di Arab Saudi (Haramain) tidak terkecuali pemikiran hisab rukyah di Indonesia. Sebagaimana pemikiran hisab rukyah Mas Manshur al-Betawi yang mana menurut lacakan sejarah merupakan hasil berguru dengan Syekh Abdurahman al-Misra yang masih menggunakan prinsip Geosentris dalam teori Ptolomeus. Oleh karena teori tersebut ditumbangkan oleh prinsip baru Heliosentris yang sudah teruji kebenarannya secara ilmiah, kiranya wajar manakala pemikiran hisab rukyah Mas Manshur  yang masih berprinsip Geosentris, hasil hisabnya hanya dikategorikan hisab hakiki taqribi. Dan ini ternyata juga diakui secara gentlemnent oleh Mas Manshur sendiri dalam kitab Sulammun Nayyirain. Namun demikian, sampai sekarang sistem hisabnya masih banyak digunakan dasar penetapan awal bulan Qamariyah oleh sebagaian masyarakat muslim Indonesia, di antaranya yayasan al-Khairiyah al-Manshuriyah Jakarta dan Pondok Pesantren Ploso Mojo Kediri Jawa Timur.       


Abstract


Islamic thought in Indonesia in general is the result of scholars network with the scholars in Saudi Arabia (Haramain) is no exception with hisab rukyah thinking in Indonesia. As the thinking of hisab rukyah Mas Mansur al-Betawi which by the history tracing as the outcome studied with Sheikh Abdurahman al-Misra who still use the principle of the Ptolemaic geocentric. Therefore, the theory Heliocentric subverted by a new principle that has been verified scientifically, it is natural when thinking hisab rukyah Mas Mansur still principled geocentric, the results of hisab is only categorized  as the ultimate taqribi hisab. And it is also recognized gentlemnent by Mas Mansur himself in the book of Sulammun Nayyirain. However, until now hisab system is still widely used basis for determining the beginning of the month in Qamariyah by the Indonesian Muslim community, including foundations al-Khairiyah al-Manshuriyah Jakarta and Pondok Pesantren Ploso Mojo Kediri, East Java.    

Keywords: hisab, rukyah, hijriyah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Izzuddin, Ahmad. “Pemikiran Hisab Rukyah Klasik: Studi Atas Pemikiran Muhammad Mas Manshur Al-Batawi”. Jurnal Bimas Islam 8, no. 3 (September 30, 2015): 567–588. Accessed March 28, 2024. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/202.
Section
Articles

References

Abdurrahim, Ilmu Falak, Yogyakarta: Liberty, 1983
Amin, A. Mansyur, et. Al., Dialog Pemikiran Islam dan Realitas Empirik, Amir, Muallim Dan Yusdani, Konfigurasi Pemikiran Hukum Islam, Yogyakarta: UII Press, 1999
, Ijtihad Suatu Kontroversi Antara Teeori dan Praktek, Yogyakarta : Titian Illahi Press, 1997
Amin, KH Ma’ruf, Rukyah Untuk Penentukan Awal dan Akhir Ramadhan Menurut Pandangan Syari’ah dan Sorotan IPTEK, dalam Mimbar Hukum, Jakarta : Dirjen Binbaga Depag Ri, 1993
Abdullah, Amin, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999
Abdul Hamid, Muhammad Mas Manshur al-Batawi, Sullam al-Nayyirain, Jakarta: Madrasah Al-Khairiyah, t.th.
---------------------------------------------------, Mizanul I’tidal, Jakarta : Madrasah Al-Khairiyyah, t.th.
Ali, Abdul Wahd Wafi, Perkembangan Madzhab Dalam Islam, Jakarta : Minaret, 1989
Ahmad SS Noor, Nurul Anwar, Kudus: TBS Kudus, t.th.
, Syamsul Hilal, Kudus: TBS Kudus, t.th.
Al-Buchori, Muhammad bin Ismail, Matan al-Buchori, Kairo : Dar al-Ihya al Kutub al Arabiyah, t.th
Carlo, Alfonso Nallino, Ilmu Falak wa Tarjih Inda al-Arab, Roma, 1911
Elias, Alies, Pockeet Dictionary, Kairo: Elias Modern Press, 1970.
Al-Falaky, Muhammad, Haul Asbab Ikhtilaf Awail al-Syukur al-Al-Hayyan, Al-Bahr al Muhith, Kairo : Beirut, t.th.
al-Farghani, Astonomical Club, Mawaqit Islamic Keeping, Copyright : 1992-1993

Al-Ghozaly, Al-Mustash fa min illm al-Ushul, Kairo : Sayyid al-Husain, t.th.
Al-Jaziry, Abdurrahman, Fikih Ala Madzahib Al-Arba’ah, Kairo : Beirut, t.th.
Muhammad, Al-Bahy, Pemikiran Islam dan Perkembangannya, Jakarta : Risalah, 1985
Nasir, Arsyad M, Ilmuwan Muslim Sepanjang Sejarah, Bandung : Mizan, 1989
Susiknan, Azhari, Saadoeddin Djambek dalam Sejarah Hisab di Indonesia (thesis), Yogyakarta: Program Pasca Sarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1998
Al-Syatibi, al-Muwafaqat fi Ushul al-Ahkam, Beirut: Dar al-Fikr, 1341 H.
Al-Syarwani, Hasyiah Syarwani, Kairo : Beirut, t.th
Syihabuddin, Ahmad bin Hajar al-Haitami, Tuhfatul Muhtaj, Kairo : Beirut, t.th.
Taqiyuddin, Al-Subkhi, Fatawa al-Subkhy, Beirut : Dar al-Maarif, t.th
Umar, Al-Jaelani Zubaer, al Khulashoh al-Wafiyah, Kudus: Menara Kudus, t.th
Qomariyah, dalam Dirasat Haul Tauhid al-Ayyad waa al-Mawasim al-Diniyah, Tunisia: Idarah Su’un al-Diniyah, 1981.
Al-Qulyubi, Syihabuddin, Hasyiah Al Minhaj al Thalibin, Kairo : Musthafa al-Baby al-Halaby, 1956 Al-Yasa, Abu Bakar, Methode Istimbath Fikih di Indonesia (Kasus-Kasus Muzakarah Al-Azhar) (thesis), Yogyakarta: Program Pasca Sarjana IAIN Sunan Kalijaga, Yogayakarta, 1987