Covid-19 ditinjau dari Epistemologi Tafsir Sufi

Sebuah Penerapan Tafsir Referensial (Tafsīr Miṣdāqī) pada Ayat-Ayat

  • Kerwanto Kerwanto Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta
Keywords: the epistemology of sufi interpretation, referential interpretation, death, wasatiyah, life balance

Abstract

Abstrak

Artikel ini ditulis sebagai tawaran epistemologis bagi umat muslim, untuk berdamai dan beradaptasi dengan pola hidup baru untuk tetap bertahan di tengah Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda hampir seluruh negara di dunia. Ini merupakan sebuah ajakan untuk menjadikan pandangan dan ideologi islam yang moderat (wasaiyah) dalam segala sesuatu, termasuk dalam menyikapi wabah penyakit sebagai pandangan hidup. Harapannya, wabah tidak dijadikan sebagai wahana kepanikan, akan tetapi dijadikan sebagai wahana untuk memahami hakikat agama, perbaikan diri dan masyarakat. Pada artikel ini, penulis menggunakan epistemologi tafsir sufi sebagai pisau analisa untuk mengupas kandungan beberapa ayat Al-Quran. Tulisan ini juga dapat disebut sebagai salah satu jenis tafsir tematik karena penulis berupaya membahas (menganalisa) kandungan ayat-ayat Al-Quran berdasar pada sebuah tema. Hal yang menarik dari artikel ini adalah Covid-19 dapat menjadi salah satu referensi (midāq) dari ayat-ayat perumpamaan (al-amthāl) yang menjelaskan keberadaan mahluk yang kecil, ayat-ayat yang menjelaskan sifat dasar kematian dan ayat-ayat yang menjelaskan keseimbangan hidup.

Kata Kunci: epistemologi tafsir sufi, tafsir referensial, wasaṭiyah, kematian, keseimbangan hidup

 

Abstract

This article is written as an epistemological offer for Muslims, for making peace and adapting to new lifestyles in order to survive in the midst of the Covid-19 pandemic which is currently hitting almost all countries in the world. This is an invitation to make moderate Islamic views and ideology (wasaiyah) in all respects, including responding to pandemic as a views of life. We hope that the pandemic was not reasoned for panic, but as a tool for understanding the nature of religion, self and society improvement. In this article, the author uses the epistemology of sufi interpretation as an analysis instrument to explore the several verses contents of the Al-Quran. This paper can also be called a type of thematic interpretation because the author seeks to discuss (analyze) the verses content of the Al-Quran based on a theme. The interesting thing about this article is that Covid-19 can be a reference (midāq) of parable verses (al-amthāl) that explain the existence of small creatures, the verses that explain the nature of death and life balance.


Keywords: the epistemology of sufi interpretation, referential interpretation, wasaṭiyah, death, life balance

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Arabî, Muḥyiddīn Ibn. Al-Futuḥāt al-Makkiyah. Beirut: Dār al-Ṣādir, Cet. X..

______. Raḥmatun min al-Raḥmān fī Tafsīr wa Ithārāt al-Qur’ān. Damaskus: Maṭba’ah al-Naṣr, 1410 H.

______. Tafsīr Ibn ‘Arabī. Beirut: Dār Iḥyā al-Turāth al-‘Arabī, 1422 H, cet. I.

‘Iyāshī, Muḥammad Ibn Mas’ūd al-. Tafsīr al-‘Iyāshī. Tehran: al-Maṭba’ah al-‘Ilmiah.

Āmulī, Ḥaidar al-. Tafsīr al-Muḥiṭ al-‘aẓam wa al-Baḥr al-Khadm. Tehrān: Mu’assasah al-ṭibā’ah wa al-Nashr fī Wizārah al-Irshād al-Islāmī, 1422 H.

Anwar, Rosihon. Menelusuri Ruang Batin Al-Quran: Belajar tafsir Batini Pada Allamah Tabataba’i. Jakarta: Erlangga, 2010.

Aṣfahānī, Al-Rāgib al-. Mufradāt Alfāḍ al-Qur’ān. Damaskus: Dār al-Qalam, 2009.

Bagir, Haidar. Seri Kajian Agama di Tengah Musibah: Perspektif Spiritual. Penerbit Nuralwala, Mei 2020, Cet. I.

Baihaqī, Abū Bakar al-. al-Sunan al-Baihaqī al-Kubrā. Makkah al-Mukarromah: Maktabah Dār al-Bāz, 1994 M/ 1414 H.

_______. Sha’bu al-Īmān. Beirūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiah, 1410 H.

Fatawā Dār al-Iftā al-Miṣriah. Mauqi Wizārah al-Awqāf al-Miṣriah/ www.islamic-council.com.

Ghazālī, Abū Ḥāmid al-. Iḥyā ‘Ulumiddīn. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiah, 2017 M/ 1438 H, Cet. VIII.

_______. Iḥyā ‘Ulūmuddūn. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Arabī, t.th., cet. I.

Ḥaidarī, Kamāl. al- al-Lubāb fī Tafsīr al-Kitāb. Qum: Dār al-Farāqid, 2010.

Hakim, Muhammad Baqir. Ulumul Quran. Jakarta: Al Huda, 2012.

Ḥāmidī, ‘Abdul Karīm. al-Madkhal ilā Maqāṣid al-Qurān. al-Riyāḍ- al-Mamlakah al-‘Arabiah al-Su’ūdiyah: Maktabah al-Rushd, 2007 M/ 1428 H.

Hardiman, F. Budi. Seni Memahami Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. Yogyakarta: PT. Kanisius, 2015.

Ḥasan, Ṭalāl al-. al-Manhaj al-Tafsīrī inda ‘Allāmah al-Ḥaidarī. Qum: Dār al-Farāqid, 2010.

______. Manṭiq Fahm al-Qurān: al-Usus al-Manhajjiyah li al-Tafsīr wa al-Ta’wīl fī ẓa’i al-āyah al-Kursī. Qum: Dār al-Farāqid, 2012.

Ḥibbān, Muḥammad Ibn. Ṣaḥīḥ Ibn Ḥibbān. Beirūt: Muassasah al-Risālah, 1993 M/ 1414 H.

Iskandar, Syahrullah, dkk.. Fikih Pandemi: Beribadah di Tengah Wabah. Jakarta Selatan: NUO PUBLISHING, April 2020.

Kerwanto. “Epistemologi Tafsir Mulla Sadra”. Jurnal Theologia, Vol. 30, No. 1, June 2019.

_________. Metode tafsir Esoeklektik: Pendekatan Integratif untuk Memahami Kandungan Batin Al-Quran. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2018.

Khomsīn, Hāshīm Abū. Madkhal ilā ‘Ilm al-Tafsīr: Durūs Manhajjiyah. shiabooks.net., t.th..

Koban, Antonius Wiwan. “Kebijakan Pemberantasan Wabah Penyakit Menular: Kasus Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue”. The Indonesian Institute: Center for Public Policy Research, Juni 2005.

Ma’rifah, Muḥammad Hādī. al-Tamhīd fī ‘Ulūm al-Qurān. Qum: Manshurāt Dhawī al-Qurbā, 2009, Cet. II.

Muṣtafawī, Ḥasan al-. al-Taḥqīq fī Kalimāt al-Qurān al-Karīm. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiah wa Markaz al-Nashr Turāth al-‘Allāmah al-Muṣtafawī, 1430 H.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakart: LkiS Group, 2010.

Nīsābūrī, Al-. Tafsīr al-Nīsābūrī . Mauqi’ al-Tafsāsīr/ http://www.altafsir.com.

Rāzī, Muḥammad Ibn ‘Umar al-Fakhr al-. Mafātīh al-Ghaib. Beirut: Dā Iḥyā al-Turāth al-‘Arabī, 1420 H, Cet. III.

Ṣadrā, Mullā. Tafsīr al-Qurān al-Karīm. Qum: Intishārāt Bidār, 1344 H.

Shaḥātah, ‘Abdullāh. ‘Ulūm at-Tafsīr. Kairo: Dār al-Shurūq, 2001 M/ 1421 H.

Shihab, M. Quraish. Corona Ujian Tuhan: Sikap Muslim Menghadapinya. Tangerang: PT. Lentera Hati, 2020.

_______. Wasathiyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Tangerang: PT. Lentera Hati, 2019.

Shīrāzī, Nāṣir Makārīm. al-Amthal fī Tafsīr Kitābillāh al-Munazzal. Qum: Manshūrāt Madrasah al-Imām ‘Alī Ibn Abī Ṭālib, 1421 H, Cet. I.

Susilo, Adityo, dkk.,. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures”. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 7. No. 1, Maret 2020.

Suyūṭī, Jalāluddīn al-. al-Dur al-Manthūr fī Tafsīr al-Ma’thūr. Qum: Maktabah āyatullāh al-Mur’ashī al-Najafī, 1400 H, cet. I.

Ṭabāṭabā’ī, Muḥammad Ḥusein al-. al-Mīzān fī Tafsīr al-Qurān. Qum: Mu’assasah al-Nasr al-Islāmī, 1417 H.

Umar, Nasaruddin. Pintu-Pintu Menuju Kebahagiaan: Belajar 9 Seni Hidup Bahagia di Dunia dan Akhirat. Ciputat- Jakarta Selatan: Al-Ghazali Center, Januari 2008.

Zaid, Waṣfī ‘Āshūr Abū. al-Tafsīr al-Maqāṣīdī li Suwar al-Qurān al-Karīm. Kairo: Kulliah Dār al-‘Ulūm/www.alukah.net.

______. Metode Tafsir Maqāṣidī: Memahami Pendekatan Baru Penafsiran Al-Quran. Jakarta Selatan: PT. Qaf Media Kreativa, Maret 2020.

Published
2020-12-15
How to Cite
Kerwanto, Kerwanto. “Covid-19 Ditinjau Dari Epistemologi Tafsir Sufi”. Jurnal Bimas Islam 13, no. 2 (December 15, 2020): 371-402. Accessed January 28, 2021. http://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/index.php/jbi/article/view/213.