Filantropi Islam Berbasis Harta Wakaf Masjid (Studi atas Model Pengelolaan Wakaf Masjid Agung Bersejarah di Jawa)

Main Article Content

a. zainurrosyid

Abstract

Abstraksi


Wakaf dan pengembangannya sebagai tatanan ajaran syariah Islam, sangatlah penting untuk dikaji guna mensejahterakan umat. Dalam konteks keindonesiaan khususnya Jawa tengah potensi harta wakaf sangat besar, namun masih belum berdampak besar terhadap kesejahteraan umat Islam. Harta wakaf di empat masjid bersejarah di Jawa, yakni masjid Agung Kendal, masjid al-Muttaqin Kaliwungu, Semarang dan Demak memiliki kesamaan akar sejarah dari kerajaan Islam di Jawa.  Penelitian ini dilakukan secara kualitatif yang dianalisa dari perspektif normatif baik dari perpsektif hukum Islam maupun hukum positif Undang-Undang Wakaf  No. 41 Tahun 2004.  Penemuan dalam penelitian ini adalah model pengelolaan wakaf masjid Agung di Jawa masih dominan model “apa adanya†dan lebih tertutup dengan pembaharuan regulasi. Harta wakaf di kedua masjid Agung Semarang dengan masjid Agung Demak tampak lebih adaptif.  Dari sisi peruntukkan wakaf lebih luas pada harta wakaf yang dikelola oleh nazhir BKM Depag daripada wakaf yang dikelola oleh nazhir kelembagaan takmir masjid yang hasil pengelolaannya lebih berorientasi pemeliharaan masjid.


 


Abstract


Waqf  and its development as a teaching of Islamic law (syari’ah) is urgently studied because it can develop ummah. In Indonesia context, especially in Central Java, the potential of waqf is very big, but it still cannot give many impacts  for Islamic society welfare. The waqf asset at four historical great mosques; at Kaliwungu, Kendal, Semarang and Demak in Central Java have a similar history from the kingdom of Java.  This study may be considered sosio-legal  research into Islamic law. It is qualitative research supported by an academic approach. The data were analysed from Islamic law and positive law, waqf law No. 41 year 2004. The finding in this study is a model of the Great Mosque waqf management in Java were still as it is form “apa adanya† and closed from the renew of regulation either on its orientation of waqf or  models of productive improvement. Both waqf property in Semarang Great Mosque with Grand Mosque Demak seem more adaptive. In term of broader endowments designated on waqf property managed by BKM Nazhir MORA than endowments managed by institutional Nazhir takmir mosque result-oriented management of maintenance of mosques.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
zainurrosyid, a. “Filantropi Islam Berbasis Harta Wakaf Masjid (Studi Atas Model Pengelolaan Wakaf Masjid Agung Bersejarah Di Jawa)”. Jurnal Bimas Islam 9, no. 3 (September 30, 2016): 521–556. Accessed April 19, 2024. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/156.
Section
Articles

References

Abd al-Baqī, Ibarahim Mahmud, Daur al-Waqf fi Tanmiyat al-Mujtama’ al-Madany (Namudzatun al-Amanah al-‘Ammah li al-Auqof bi Daulat al-Kuwait), al-Kuwait: al-Amanah al ‘Ammah li al-Auqof, 2006.
Al-Kabisī, Muhammad Abid Abdullah, Hukum Wakaf, Pentrj. Ahrul Sani Fathurrahman, dkk.(et.al.), Jakarta: IIMaN Press, 2004.
Al-Syuaib, Kholid Abdullah, 2006, An-Nazzarāt ‘ala al Waqf, al Kuwait: al-Amanah al-‘Ammah li al-Auqf.
Anshori, Abdul Ghofur, Hukum dan Praktek Perwakafan di Indonesia,Yogyakarta: Penerbit Pilar Media, 2006.
Antonio, Muhammad Syafi’ī, “Pengantar Pengelolaan Wakaf Produktif”, dalam Achmad Djunaidi dkk, Menuju Wakaf Produktif, Jakarta: Mumtaz Publishing, 2007.
Asy-Syairazī, Abu Ishak ibn Ibrahim ibn Ali Ibn Yusuf al-Fairuz Abadi, Al-Muhazzab fi al Fiqh al Imam asy-Syafi ī, tanpa Kota: Syirkah Nur Asia, tt.
Az-Zuhailī, Wahbah, Al-Fiqh al-Islamī wa Adillatuhu, Beirut: Dār al-Fikr, 1989.
az-Zuhaili, Wahbah, Al-Waşaya wa al-Waqf fī al-Fiqh al-Islāmī, Dār al-Fikr, Beirut, 1996.
Babbie, Earl, 1998, the Practice of Social Research, Westford: Wadsworth Publishing Company.
Badan Wakaf Indonesia, Babak Baru Wakaf Masjid Agung Semarang, 2010, Diunduh 26 Mei 2011 dari http://bwi.or.id/index.=article&id=770%3 babak-baru-wakaf-masjid-agung-semarang
Bamualim, Chaider S. (eds),Revitalisasi Filantropi Islam (Studi Kasus Lembaga, 2005.
Baqir, Zein Abdul, Masjid-Masjid Bersejarah di Indonesia, Jakarta: Gema Insani, 1999.
Basya, Muhammad Qodri, Qōnūn al ‘adla wa al ansşaf fi al Qōdhāi ‘ala Musykilah al-Auqōf, Kairo: Dār as-Salām, 2006.
Bernard,H. Russel, 1994, Research Methods in Antropology: Qualitative and Quantitative Approches, London: Sage Publication.
Bourdieu, Pierre 1993, The Field of Cultural Production, US: Columbia Univeristy Press.
Bukhāri, t.th., Sāhīh al-Bukhārī, Juz III, Beirut: Dār al-Fikr.
Daft, Richard L., 2006, Management, terj: Edward Tanujaya dan Shirly Tiolina, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Decenco, David A dan Stephen P. Robbins, 1999, Human Resource Manajement, New York: John Wiley & Sons.Inc.
Denzin C., Norman& Wanna S, Lincoln, 1997, Handbook Qualitative Research, (terj.) Sage Publication, USA.
Direktorat Pengembangan Zakat dan Wakaf, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelengggaraan Haji, Departemen Agama Islam, Republik Indonesia, 2005, Nazhir Profesional dan Amanah,
----------, 2003, Fiqih Wakaf, Direktorat Wakaf Depag RI, Jakarta.
----------, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Departemen Agama Islam, RI, 2008, Panduan Bantuan Pemberdayaan Wakaf Produktif, Jakarta.
----------, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Departemen Agama Islam, Republik Indonesia, 2006, Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf.
----------, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Departemen Agama Islam, Republik Indonesia, 2008, Paduan Pemberdayaan Tanah Wakaf Produktif, Jakarta: Departemen Agama Indonesia.
----------, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Departemen Agama Islam, Republik Indonesia, 2008, Paradigma Baru Wakaf di Indonesia, Jakarta
________, 2007, Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 Tentang Wakaf dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2006 Tentang Pelaksanaannya.
Djunaidi, Achmad (et.al), 2006, Menuju Era Wakaf Produktif Sebuah Upaya Progresif untuk Kesejahteraan Umat, Jakarta: Mitra Abadi Press.
Djunaidi, Achmad dan Thobieb al-Asyhar, Menuju Era Wakaf Produktif, Jakarta: Mitra Abadi Press, 2006.
Fauzia,Amalia dkk., Filantropi Islam dan Keadilan Sosial, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2006.
Fuad, Muhammad, Membangunkan Raksasa Tidur, Problem Pengelolaan dan Pendayagunaan Wakaf di Indonesia, Studi Kasus di Muhamadiyah, NU dan Lima Badan Yayasan pengelola Wakaf, Jakarta: Piramedia
Geertz, Cliford, Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Jaya, 1960.
Hasanah, Uswatun, Peranan Wakaf dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial Studi Kasus Pengelolaaan Wakaf di Jakarta Selatan, (Disertasi-Program Doktor UIN Syarif Hidatullah, Jakarta, 1997.
Hirokoshi, H., Kyai dan Perubahan Sosial, Jakarta: L3M, 1987.
Holsti, C. R., Content Analysis for the Sosial Science and Humanities, Canada: Departement of Political Science University of British Columbia, 1969.
Imām al-Bukhārī, Şahīh al-Bukhāri, Beirut: Dār al-Fikr, 1989.
Ismawati, Penyelesaian Sengketa Tanah Wakaf: Studi Terhadap Tanah Wakaf Masjid Agung Semarang, (Tesis tidak diterbitkan) Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, 2007.
Ismawati, Dinamika Fungsi Dakwah pada Masjid al Muttaqin kaliwungu Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Laporan Penelitian IAIN Walisongo Semarang, 2011.
Jurdi, Syarifudin, Sosiologi Islam dan Masyarakat Modern teori, Fakta, dan Aksi Sosial, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam, Al-Awqof, Vol.II Nomor 2, April 2009.
Kamil,Sukron, Wakaf untuk Keadilan Sosial, Antara Praktek dan Teori, 2011, diakses dari Website http:// bwi.or.id. Selasa 12 April 2011.
Mahfudz, Sahal, Nilai Sebuah Amanat, dalam Agus Fathuddin Yusuf, Melacak Banda Masjid yang Hilang, Semarang: Aneka Ilmu, 2000.
Mastuhu, “Penelitian Agama Islam: Tinjauan Disiplin Sosiologi”, dalam Mastuhu dan M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan Antar Disiplin Ilmu, Jakarta: Pusjarlit-Nuansa, 1998.
Mubarok, Jaih, Wakaf Produktif, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008.
Munzir Kahaf, Manajemen Wakaf-Wakaf Produktif, diterjemahkan oleh Muhyiddin Mas Rida, Jakarta: Khlmifa, 2005.
Mustafa Edwin Nasution,Uswatun Hasanah (Ed.), Wakaf Tunai Inovasi Finansial Islam, Peluang dan Tantangan dalam Mewujudkan Kesejahteraan Umat (Jakarta: PKTTI-UI, 2005.
Nadjib, T. A. dan Ridwan al-Makassary (Ed.), Wakaf, Tuhan dan Agenda Kemanusiaan, Jakarta: CSRC UIN Sahid, 2006.
Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogjakarta: Gajah Mada, 1993.
Ritzer, George, Teori Sosiologi Modern,terj. Alimandan, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2008.
---------, Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda, terjemahan: Ali Ramdani, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Robey David (Ed), Structuralism, an Introduction, Oxford University Press, 1973.
Rofiq, Ahmad, Fiqih Kontektual Dari Normatif Ke Pemaknaan Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Beirut: Dār al-Fikr, 1983.
Soekadijo, (terj.), Antropology Budaya Suatu Perpsektif Kontemporer, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1981.
Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT Raja Grafindo, 1982,
Sudewo, Eri, 2010, 55 Hal Seputar ZISWAF Indonesia, Makalah Seminar Nasional diselenggarakan oleh Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo.
Suhadi, Imam, Wakaf Untuk Kesejahteraan Umat, Cet. 1, Yogyakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa, 2002.
Syuaib, Khalid Abdulllah, An-Nazarah Ala al-Waqf, Kuwait : al Amana al-Ammah al Auqaf, 2006.
Thohir, Mudjahirin, Memahami Kebudayaan: Teori Metodologi, dan Aplikasi, Semarang Fasindo Press, 2007.
Thohir, Mujahirin, et al., Menyoal Kota Santri Kaliwungu (Sebuah Ikhtisar Berkaca Diri), Kendal, Panitia Festifal Al-Muttaqin Kaliwungu Kendal, 2001.
Tholhah Hasan, “Perkembangan Kebijakan Wakaf di Indonesia”, dalam Republika, Rabu, 22 April 2009, accessed 3 Juli 2009.
Turmudi, E., Struggle for Umma Changing Leadership Roles of Kiai in Jombang East Java, alih bahasa Supriyanto Abdi, Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan, Yogyakarta: LkiS.
Wadjdy, Farid dan Mursyid, Wakaf dan Kesejahteraan Umat (Filantropi Islam yang Hampir Terlupakan), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Weber, M., The Routinization of Charisma”, dalam “Social Change”, New York, 1973.
Yusuf, Agus Fathuddin, Sejarah Banda Masjid Agung Semarang, Aneka Pustaka Semarang, 2000.
Yusuf, Agus Fathuddin, Melacak Tanah Wakaf Yang Hilang,Cetakan Pertama, 2001.
Zahrah, Muhammad Abu, Muhadharat fi al-Waqf, Beirut: Dar al-Fikr al-Arabi, 1971.
Zaid, Abu, Nizām al Waqfi al Islamī, Taţwīru Asālib al ‘Amal wa Tahlīli Natāiji ba’da ad Dirasāt al Hadīŝiyah, Kuwait: Daulah al Kuwait- ISESCO, 2000.