Argumen Pemberdayaan Perempuan dalam Islam

Main Article Content

Dody Riyadi HS

Abstract

Abstract


Through the Prophet Muhammad and the long history of Islamic civilization, where women like Khadija contribute significantly, Islam has a very real practice of the women empowerment. In a prophetic history, women actively involved in the life and prophetic as the messenger of God. Through the Quran, Islam introduced a variety of emancipatory concepts, such as libas and deliberation, as opposed to various forms of discrimination and exploitation against women. Islam and empowerment are two words that can not be separated. Islam, from any angle it interpreted, implies empowerment, and therefore, contrary to the actions of ignorant of any subordination of women.


 


Abstraksi  


Melalui Nabi Muhammad dan sejarah panjang peradaban Islam, di mana perempuan seperti Khadijah ikut berkontribusi secara signifikan, Islam telah sangat nyata mempraktikkan pemberdayaan perempuan. Dalam sejarah kenabian, perempuan terlibat aktif dalam kehidupan dan kenabian utusan Tuhan. Lewat Al-Qur’an, Islam memperkenalkan berbagai konsep emansipatif, seperti libas dan musyawarah, yang bertentangan dengan berbagai bentuk diskriminasi dan eksploitasi terhadap perempuan. Islam dan pemberdayaan merupakan dua kata yang tak dapat dipisahkan. Islam, dari sudut manapun ia diartikan, mengandung makna pemberdayaan, dan karena itu, bertentangan dengan tindakan jahil apa pun yang menyubordinasikan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riyadi HS, Dody. “Argumen Pemberdayaan Perempuan Dalam Islam”. Jurnal Bimas Islam 8, no. 2 (June 30, 2015): 241–264. Accessed April 25, 2024. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/174.
Section
Articles

References

Amin, Ahmad, Fadjar Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1968.
Arivia, Gadis, Filsafat Berperspektif Perempuan, Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan, 2003.
Armstrong, Karen, Sejarah Islam: Telaah Ringkas-Komprehensif Perkembangan Islam Sepanjang Zaman, Bandung: Mizan, 2014.
Arnold, Thomas W, Sejarah Da’wah Islam, Jakarta: Widjaya, 1985.
Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Fakih, Mansour, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Haekal, Muhammad Husain, Sejarah Hidup Muhammad, Jakarta: Tintamas, 1984.
Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2012.
Kompas, “Literasi Media atasi Bias Jender”, 20 Agustus 2015.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2012.
Magnis-Suseno, Frans, Pemikiran Karl Marx dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Mas’udi, Masdar F, Islam dan Hak-hak Reproduksi Perempuan: Dialog Fiqih Pemberdayaan, Bandung: Mizan, 2000.
Nasr, Seyyed Hossein, Muhammad Hamba Allah, Jakarta: Rajawali, 1986.
___________________, The Heart of Islam: Pesan-pesan Universal Islam untuk Kemanusiaan, Bandung: Mizan, 2003.
Pranarka, AMW dan Vidhyandika Moeljarto. “Pemberdayaan (Empowerment)”, dalam Onny S. Prijono dan AMW Pranarka (Penyunting), Pemberdayaan, Konsep, Kebijakan dan Implementasi, Jakarta: Centre for Strategic and International Studies, 1996.
Riyadi HS, Dody, “Respons Organisasi Perempuan terhadap Perubahan Politik; Dari Era Orde Baru Hingga Era Reformasi”, Tesis, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2005.
Riyadi HS, Dody, “Firman, Tafsir, Fakta: Perspektif Feminisme Religius”, Satelit News, 28 Januari 2009.
Riyadi HS, Dody, “Egalitarianisme Adam-Hawa”, Tangerang Tribun, 1 Mei 2009.
Riyadi HS, Dody, “Islam Memberdayakan Perempuan”, Radar Banten, 28 Juni 2011.
As Sayyid, Kamal, The Greatest Stories of Al Quran, Jakarta: Zahra, 2015.
Shihab, Muhammad Quraish, “Konsep Wanita Menurut Qur’an, Hadis, dan Sumber-sumber Ajaran Islam”, dalam Lies M. Marcoes-Natsir dan Johan Hendrik Meuleman (Penyunting), Wanita Islam Indonesa dalam Kajian Tekstual dan Kontekstual, Jakarta: INIS, 1993.
__________________________, “Perempuan”, dalam Ummat, No. 19 Thn I, 11 Maret 1996/21 Syawal 1416 H.
Stowasser, Barbara Freyer, Reinterpretasi Gender: Wanita dalam Al-Qur’an, Hadis, dan Tafsir, Bandung: Pustaka Hidayah, 2001.
Sjalaby, Ahmad, Sedjarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
Syalabi, A., Sejarah dan Kebudayaan Islam Jilid 1, Jakarta: Pustaka Alhusna, 1990.
Syaltout, Syaikh Mahmoud, Tuntunan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
T., Huzaemah, "Konsep Wanita Menurut Qur’an, Sunah, dan Fikih”, dalam Lies M. Marcoes-Natsir dan Johan Hendrik Meuleman (Penyunting), Wanita Islam Indonesa dalam Kajian Tekstual dan Kontekstual, Jakarta: INIS, 1993.
Tan, Mely G. “Perempuan dan Pemberdayaan”, dalam Smita Notosusanto E. Kristi Poerwandari (Editor), Perempuan dan Pemberdayaan: Kumpulan Karangan untuk Menghormati Ulang Tahun ke-70 Ibu Saparinah Sadli, Jakarta: PSKW UI, Kompas dan Obor, 1997.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Trijono, Lambang, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Otonomi Daerah”, Yogyakarta: Sosiologi Pembangunan Universitas Gadjah Mada, 2001.
Umar, Nasaruddin, Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Paramadina, 1999.