Dakwah Kultural dalam Budaya “MEURUKON” di Aceh

Main Article Content

Safriadi

Abstract

The results of this study conclude that meurukon is one type of art and culture that is very Islamic in Acehnese society, because meurukon is one of the da’wah strategies in conveying various Islamic law issues for society because the material contained in meurukon consists of da’wah messages, starting from law mild forms to the Islamic law issue which sometimes are not understood by the public. Meurukon can be categorized into cultural preaching because the preaching delivered in meurukon art is the way to follow the local wisdom with the aim that the da'wah can be accepted in the local community.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa meurukon adalah salah satu jenis kesenian dan budaya yang sangat Islami dalam masyarakat Aceh, karena meurukon termasuk salah satu strategi dakwah dalam menyampaikan berbagai persoalan hukum Islam bagi masyarakat karena materi yang terdapat dalam meurukon terdiri dari pesan-pesan dakwah, mulai dari bentuk-bentuk hukum yang ringan sampai persoalan hukum Islam yang terkadang banyak yang tidak dipahami masyarakat. Meurukon dapat di golongkan ke dalam dakwah kultural dikarenakan dakwah yang disampaikan dalam kesenian meurukon cara yang dilakukan adalah mengikuti budaya-budaya kultur masyarakat setempat (local wisdom) dengan tujuan agar dakwahnya dapat diterima di lingkungan masyarakat setempat

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safriadi. “Dakwah Kultural Dalam Budaya “MEURUKON” Di Aceh”. Jurnal Bimas Islam 11, no. 2 (June 30, 2018): 225–248. Accessed March 28, 2024. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/52.
Section
Articles

References

Sufi, Agus, Perpaduan Adat dan Syariat Islam di Aceh, Aceh: Badan Perpustakaan Provinsi NAD, 2006.
Ilyas, Alwahidi, Budaya Aceh, Yogyakarta: Polydoor Desain, 2009.
Sanwar, Aminuddin, Ilmu Dakwah, Semarang: Fakulas Dakwah IAIN Walisongo.
Masy’ari, Anwar, Studi Tentang Ilmu Dakwah, Banjarmasin: Tp, 1979.
Syukir, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1983.
Harun, Mohd., Pengantar Sastra Aceh, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2012.
Bahany, Nab, Warisan Kesenian Aceh, Banda Aceh: Aceh Multivision, 2016.
Effendy, Onong Uchjana, Dinamika Komunikasi, Bandung: Rosda Karya, 2002.
Tumanggar, Rusmin, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Amzah, 2010.
Wawancara dengan Omki, Ia merupakan anak dari seorang guru utama dalam hal meurukon yaitu syeik katy dari Muara Batu Aceh Utara.