Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines

Ketentuan Pengiriman Tulisan untuk Jurnal Bimas Islam:

  • Jurnal Bimas Islam terbit dua kali setahun. Redaksi menerima tulisan mengenai kebimasislaman, antara lain tentang Penerangan Agama Islam, Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf dan Telaah Buku serta materi yang berkaitan dengan kebijakan di bidang Bimas Islam.
  • Tulisan dapat berupa hasil penelitian, artikel setara hasil penelitian, kajian tokoh (obituari) maupun telaah kitab atau tinjauan buku. Format tulisan disesuaikan dengan ketentuan untuk jurnal ilmiah dengan struktur sebagai berikut:

-          Judul artikel (tidak lebih dari 12 kata)

-          Nama Penulis (tanpa gelar), nama instansi dan alamat instansi

-          Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris)

-          Kata kunci (maksimal 5 kata)

-          Pendahuluan (Pendahuluan harus mengandung (sigkat dan berurutan) tinjaun latar belakang secara umum dan tinjauan literatur usahakan minimum 3 literatur yang dikupas yang dapat menjustifikasi kebaruan atau novelty penelitian ini atau keunikan penelitian ini dibandingkan penelitian sebelumnya (biasanya 2-3 paragraf). Selain itu pada bagian pendahuluan juga perlu diuraikan masalah penelitian dan metode penelitian. Pada paragraf akhir pendahuluan tujuan penulisan artikel harus dinyatakan. Awal paragraf satu kali tab. Beri jarak antara subbagian dengan kalimat pertama dalam paragraf tersebut. Penulisan artikel menggunakan pedoman transliterasi hasil keputusan bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 158 Tahun 1987 dan Nomor: 0543b/U/1987). Penulisan Arab bisa dilihat pada template

-          Hasil dan Pembahasan (Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan bagaimana tema itu dibahas. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang memadai. Hasil penelitian harus menjadi jawaban terkait masalah dan tujuan penelitian dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan.

Pada pembahasan harus mengandung: 

1. Apakah data hasil penelitian telah dianalisis (bukan data mentah). Dapat disajikan dengan tabel atau gambar selain penyajian secara verbal untuk memperjelas. Bagian ini biasanya menjawab pertanyaan apa dan bagaimana?

2. Apakah penulis menyediakan interpretasi ilmiah untuk setiap hasil atau temuan penulis disajikan (mengapa)?

3. Apakah hasil penelitian konsisten dengan apa yang dilaporkan oleh peneliti lain (apa lagi)? Atau apakah ada perbedaan?

Hasil dan Pembahasan ditulis huruf besar pada awal kata, jarak 1 spasi dan ditebalkan. Jika menggunakan alat pendukung maka sederhanakan tabel dan gunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Jangan menggunakan lokasi ketika merujuk ke Gambar atau Tabel, misalnya: “….. disajikan di Gambar 1 di bawah ini.” tetapi cukup “...disajikan di Gambar 1.” atau “…… (Gambar 1).”

-          Kesimpulan (Kesimpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat stastistik. Paparannya dalam bentuk alinea yang mengalir yang berisi kaitan satu isi dengan isi yang lain. Gunakan istilah-istilah yang bermakna substantif dalam bidang ilmu dan hindari istilah-istilah teknis statistik/metodologis)

-          Daftar Pustaka (Sumber rujukan menggunakan  sumber primer seperti artikel di jurnal ilmiah atau prosiding, artikel di buku dari hasil penelitian, situs sejarah, artefak, dan lain-lain yang bersifat karya asli. Perbandingan sumber primer tersebut adalah 80% dibandingkan sumber lainnya dan berasal dari publikasi 5 tahun terakhir. Teknik penulisan daftar pustaka disarankan menggunakan aplikasi EndNote, Mendeley, Zotero, dan menggunakan sistem sitasi Turabian Style, no ibid, font Palatino Linotype 12). 

 

  • Panjang tulisan antara 15-20 halaman A4, 1 spasi, font Palatino Linotype 12, submit dalam format Microsoft Word.
  • Tulisan wajib memperhatikan kaidah-kaidah penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang berlaku serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  • Dalam hal penggunaan transliterasi Arab-Latin, penulis hendaknya berpedoman pada Pedoman Transliterasi Arab-Latin SKB Dua Menteri, Menteri Agama RI Nomor 158 tahun 1987 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0543 b/u/1987 tentang Pedoman Transliterasi Arab–Latin.
  • Sumber rujukan dalam hal pengutipan menggunakan footnote (catatan kaki) yang ditulis seperti contoh berikut (font 10):

 

  • Penulis harap menyertakan biodata singkat dalam bentuk esai dan alamat lengkap.
  • Redaksi berhak menyunting naskah tanpa mengurangi maksud tulisan. Dan, tulisan yang dimuat tidak selalu mencerminkan pandangan Redaksi.
  • Kelengkapan tulisan yang berupa ilustrasi atau gambar, grafik, dan tabel disesuaikan dengan isi halaman sekitar 18 x 11.5 cm. Ilustrasi atau gambar disertakan pula dalam bentuk JPG dan sebaiknya berwarna.

Template artikel Bahasa Indonesia bisa di download disini  

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.