Author Guidelines

Ketentuan Pengiriman Tulisan

untuk Jurnal Bimas Islam

  • Jurnal Bimas Islam terbit dua kali setahun. Redaksi menerima tulisan mengenai kebimasislaman, antara lain tentang Penerangan Agama Islam, Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf dan Telaah Buku serta materi yang berkaitan dengan kebijakan di bidang Bimas Islam.
  • Tulisan dapat berupa hasil penelitian, artikel setara hasil penelitian, kajian tokoh (obituari) maupun telaah kitab atau tinjauan buku. Format tulisan disesuaikan dengan ketentuan untuk jurnal ilmiah dengan struktur sebagai berikut:

-          Judul artikel (tidak lebih dari 12 kata)

-          Nama Penulis (tanpa gelar), nama instansi dan alamat instansi

-          Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris)

-          Kata kunci (maksimal 5 kata)

-          Pendahuluan (antara lain memuat latar belakang, kajian pustaka, perumusan masalah, tujuan, teori, hipotesa [jika ada], dan metodologi [misalnya waktu, tempat, bahan/sumber, dan metode analisi]).

-          Hasil dan Pembahasan

-          Penutup (berisi kesimpulan dan rekomendasi [jika ada])

-          Ucapan terima kasih (jika ada, dan dapat ditulis dalam catatan kaki)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran (jika ada).

  • Panjang tulisan antara 15-20 halaman A4, 1 spasi, font Palatino Linotype 12, submit dalam format Microsoft Word (.doc).
  • Tulisan wajib memperhatikan kaidah-kaidah penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang berlaku serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  • Dalam hal penggunaan transliterasi Arab-Latin, penulis hendaknya berpedoman pada Pedoman Transliterasi Arab-Latin SKB Dua Menteri, Menteri Agama RI Nomor 158 tahun 1987 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0543 b/u/1987 tentang Pedoman Transliterasi Arab–Latin.
  • Sumber rujukan dalam hal pengutipan menggunakan footnote (catatan kaki) yang ditulis seperti contoh berikut (font 10):

Deliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, (Jakarta: LP3ES, 1980), h. 109.

Sedangkan Daftar Pustaka ditulis seperti berikut (font 10):

Noer, Deliar. 1980. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3ES.

  • Penulis harap menyertakan biodata singkat dalam bentuk esai dan alamat lengkap.
  • Redaksi berhak menyunting naskah tanpa mengurangi maksud tulisan. Dan, tulisan yang dimuat tidak selalu mencerminkan pandangan Redaksi.
  • Kelengkapan tulisan yang berupa ilustrasi atau gambar, grafik, dan tabel disesuaikan dengan isi halaman sekitar 18 x 11.5 cm. Ilustrasi atau gambar disertakan pula dalam bentuk JPG dan sebaiknya berwarna.