Pengaruh Agama Islam Terhadap Perkembangan Hukum di Indonesia

Main Article Content

fabian fadhly

Abstract

Abstraksi


Masuknya Islam ke Indonesia pada abad pertama Hijriah atau abad ke tujuh Masehi mempengaruhi berbagai lingkungan kehidupan Bangsa Indonesia, salah satunya dalam bidang hukum. Pengaruh Islam terhadap hukum di Indonesia mulai terasa dengan munculnya hukum Islam yang diperkenalkan dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia bersamaan dengan hukum adat pada saat itu. Kemunduran hukum Islam di Indonesia bermula ketika Belanda menerapkan teori receptie, teori ini menekan keberlakuan serta penerapan hukum Islam bagi muslim Indonesia. Perubahan yang terjadi setelah kemerdekaan memberi ruang yang cukup luas untuk kembali memberlakukan dan menerapkan hukum Islam yang bercorak ke-Indonesiaan. Keadaan ini terealisasikan oleh kemandirian Pengadilan Agama untuk memutuskan perkara yang berkaitan dengan bidang keperdataan Islam, selain itu terdapat pula KHI yang menjadi rujukannya.   


Abstract


The entry of Islam to Indonesia in the first century of Hijri or seventh century of A.D which given influences to many aspect in Indonesian life, one of them is in the field of law. The influence of Islam against the law in Indonesia began to be felt with the rise of Islamic law being introduced and applied in public life of Indonesia together with customary law at the time. Setbacks Islamic law in Indonesia began when the Dutch applied receptie theory, this theory pressing enforceability and implementation of Islamic law for Muslims in Indonesia. Changeover after independency of Indonesia had given space to reenforce the Islamic law with Indonesianperspective, and been realized by autonomy of religious court toadjudged Islamic private cases, furthermore Islamic Law Compilation being used as referral for it.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
fadhly, fabian. “Pengaruh Agama Islam Terhadap Perkembangan Hukum Di Indonesia”. Jurnal Bimas Islam 9, no. 2 (June 30, 2016): 341–370. Accessed April 20, 2024. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/145.
Section
Articles

References

Abdul Halim, “Membangun Teori Politik Hukum Islam Di Indonesia”, dalam Jurnal Ahkam, 2013, Vol. XIII, No. 2, Juli.
Ali Imron, “Kontribusi Hukum Islam Terhadap Pembangunan Hukum Nasional (Studi Tentang Konsepsi Taklif dan Mas`uliyyat dalam Legislasi Hukum)”, dalam Disertasi pada, Semarang: Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro, 2008.
Ahmad, Amarullah, Dimensi Hukum Islam Dalam Sistem Hukum Nasional, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.
Abdurrahman, Kompilasi Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Akademika Pressindo, 1992.
A. Hasymi, (ed.), Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia, Bandung: Al-Ma’arif, 1989.
Arba’iyah Mohd Noor, “Perkembangan Pensejarahan Islam Di Alam Melayu”, dalam Jurnal Al-Tamaddun, 2011, Bil. 6.
Azizy, A. Qadri, Eklektisisme Hukum Nasional, Yogyakarta: Gama Media, 2002.
Darmawijaya, Kesultanan Islam Nusantara, Jakarta: al-Kautsar, 2010.
Djajadiningrat, P.A. Hoesain, Tinjauan Kritis Tentang Sejarah Banten, Jakarta: Pustaka Jaya, 1983.
Edyar, Busman dkk (ed.), Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Pustaka Asatruss, 2009.
Gani Abdullah, Abdul, Pengantar Kompilasi Hukum Islam dalam Tata Hukum Indonesia, Jakarta: Gema Insani Press, 1994.
H. A. R. Gibb, Islam dalam Lintasan Sedjarah, Djakarta: Bhratara, edisi terj. 1960.
Hamid, Zahri, Prinsip-Prinsip Hukum Islam tentang Pembangunan Nasional di Indonesia, Yogyakarta: Bina Cipta, 1975.
Habib Muhsin Syafingi, “Internalisasi Nilai-Nilai Hukum Islam dalam Peraturan Daerah “Syari’ah” di Indonesia”, dalam Jurnal Pandecta, 2012, Vol. 7, No. 2, Juli.
Hamka, Sejarah Umat Islam IV, Jakarta: Bulan Bintang, 1961.
Hossein Nasr, Seyyed, Islam Religion, History, and Civilization, New York: HarperSan Fransisco, 2003.
Husein Nasution, Amien, Hukum Kewarisan (Suatu Analisis Komparatif Pemikiran Mujtahid dan Kompilasi Hukum Islam), Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Ichtijanto, Pengembangan Teori Berlakunya Hukum Islam di Indonesia, dalam Hukum Islam di Indonesia Perkembangan dan Pembentukannya, Bandung: Rosdakarya, 1991.
Idri, “Religious Court in Indonesia History and Prospect”, dalam Journal Of Indonesian Islam, 2009, Vol. 03, No. 02, December.
Karim, Muchith A., (editor), Pelaksanaan Hukum Waris di Kalangan Umat Islam Indonesia, , Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, Badan Litbang dan Pustlitbang Kehidupan Keagamaan, 2010.
Lapidus, Ira M., Sejarah Sosial Umat 1 & 2, Jakarta: Rajawali Pers, 1999.
Mahmud Marzuki dan Peter, Metodelogi Penelitian Hukum, Jakarta: Kencana, 2013.
Mardani, “Kedudukan Hukum Islam Dalam Sistem Hukum Nasional”, dalam Jurnal Hukum, 2009, No. 2 Vol. 16 April.
----------, Hukum Kewarisan Islam di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Manan, Abdul, Masalah Hukum Perdata Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2006.
Mansur Suryanegara, Ahmad, Api Sejarah, Bandung: Salamadani Pustaka Semesta, 2009.
Moh. Muhibbin dan Abdul Wahid, Hukum Kewarisan Islam Sebagai Pembaharuan Hukum Positif di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 2009.
M. B. Hooker, Islam in South-East Asia, Leiden: E. J. Brill, 1983.
-----------------, “Introduction: Islamic Law in South-east Asia”, dalam Asian Law Journal, 2002, Vol.4.
M. Karsayuda, Perkawinan Beda Agama: Menakar Nilai-Nilai Keadilan Kompilasi Hukum Islam, Yogyakarta: Total Media, 2006.
Mark E. Cammack and R. Michael Feener, “The Islamic Legal System In Indonesia”, dalam Pacific Rim Law & Policy Journal, 2012, Vol. 21 No. 1, January.
Muhammad Daud Ali, dkk, Kompilasi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional (Cik Hasan Bisri ed), Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Muhammad Julijanto, “Implementasi Hukum Islam Di Indonesia Sebuah Perjuangan Politik Konstitusionalisme”, dalam Conference Proceedings of Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS XII), UIN Sunan Ampel Surabaya, t.th.
Muarif Ambary, Hasan, Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia, dalam Kebangkitan Islam dalam Pembahasan, Bandung: Yayasan Nurul Islam, t.th.
Oksep Adhayanto, “Khilafah Dalam Sistem Pemerintahan Islam”, dalam Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, 2011, Vol. 1, No. 1.
Praja, Juhaya S., Pengantar, dalam Hukum Islam di Indonesia Perkembangan dan Pembentukannya, Bandung: Rosdakarya, 1991.
Rafiq, Ahmad, Pembaharuan Hukum Islam di Indonesia, Yogyakarta: Gama Widya, 2001.
Ramulto, Moh. Idris, Asas-Asas Hukum Islam (Sejarah Timbul dan Berkembangnya Kedududukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum Indonesia), Jakarta: Sinar Grafika, 1995.
Samsul Wahidin, Abdurrahman, Perkembangan Ringkas Hukum Islam di Indonesia, , Jakarta: Akademika Pressindo, 1984.
Samsul Wahidin, Abdurrahman, Perkembangan Ringkas Hukum Islam di Indonesia, , Jakarta: Akademika Pressindo, 1984.
Suny, Ismail, Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia, dalam Hukum Islam di Indonesia Perkembangan dan Pembentukannya, Bandung: Rosdakarya, 1991.
Syamsul Bahri, “Pelaksanaan Syari’at Islam Di Aceh Sebagai Bagian Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, dalam Jurnal Dinamika Hukum, 2012, Vol. 12, No. 2, Mei.
Tandrasasmita, Uka, Arkeologi Islam Nusantara, Jakarta: KPG, 2009.
Thalib, Sayuti, Receptio in Complexu, Theorie Receptie dan Receptio A Contrario, dalam Pembaharuan Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia, 1976.
Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam (Dirasah Islamiyah II), Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Yulkarnain Harahab dan Andy Omara, “Kompilasi Hukum Islam Dalam Perpektif Hukum Perundang-Undangan”, dalam Jurnal Mimbar Hukum, 2010, Volume 22, Nomor 3, Oktober.
Zaini Ahmad Noeh dan Abdul Basit Adnan, Sejarah Singkat Pengadilan Agama Islam di Indonesia, Surabaya: Bina Ilmu, 1983.