Analisis Kebutuhan Pegawai Kantor Urusan Agama Kecamatan di Sumatera Barat
Main Article Content
Abstract
The District Office of Religious Affairs (KUA) is a technical implementary unit (UPT) of the Directorate General of Community Guidance (Ditjen Bimas) Islam Ministry of Religious Affairs that has the duty to carry out the service and guidance of the Islamic community at the sub-district level in its working area. In carrying out its duties, the KUA organizes nine job functions, as set forth in the Regulation of the Minister of Religious Affairs number 34 of 2016 (PMA 34 2016) on the Organization and Working Procedures of The District Office of Religious Affairs. After the Presidential Regulation promulgation No. 48 of 2014 on Amendment to Government Regulation No. 47/2004, the marriage events number within KUA during the day and working hours in West Sumatra has increased sharply. Using a qualitative evaluation, this study attempted to examine the ideal needs of personnel in the KUA District. The results of this study found that most of the research areas still require additional staff to support the KUA District improvement service. The employees greatest needs are in the extension officers and executive staff group.
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan merupakan unit pelaksana teknis (UPT) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama yang memiliki tugas melaksanakan layanan dan bimbingan masyarakat Islam pada tingkat kecamatan di wilayah kerjanya. Dalam melaksanakan tugasnya, KUA menyelenggarakan sembilan fungsi pekerjaan, seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Agama nomor 34 tahun 2016 (PMA 34 2016) tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan. Pasca diundangkannya Peraturan Presiden Nomor 48 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2004, jumlah peristiwa nikah di dalam KUA pada hari dan jam kerja di Sumatera Barat mengalami peningkatan tajam. Menggunakan kajian evaluasi kualitatif, kajian ini berusaha menelaah kebutuhan ideal tenaga pegawai pada KUA Kecamatan. Hasil kajian ini mendapati bahwa sebagian besar wilayah penelitian masih membutuhkan tambahan pegawai untuk mendukung peningkatan pelayanan KUA Kecamatan. Kebutuhan terbesar pegawai terdapat pada kelompok jabatan penyuluh dan tenaga pelaksana.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Biro Kepegawaian Kementerian Agama, Sambut Moratorium, PNS Dituntut untuk Multitasking 2014. Didapat dari https://ropeg.kemenag.go.id/berita/221419/sambut-moratorium-pns-dituntut-untuk-multitasking, pada 18 Januari 2017.
BKN, Data Umum Statistik Pegawai Negeri Sipil 2016. Didapat dari http://www.bkn.go.id/statistik-pns, pada 18 Januari 2017.
BPS, Realisasi Pengeluaran Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Menurut Jenis Pengeluaran, 2005-2015. Didapat dari https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1289, pada 18 Januari 2017.
BPS Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Barat dalam Angka 2016. Padang: BPS Provinsi Sumatera Barat, 2016.
BPS Kota Padang, Kota Padang dalam Angka 2015. Padang: BPS Kota Padang, 2015.
Caruth, Donlad L. & Handlegton, Gail D, Staffing The Contemporary Organization: A Guide To Planning, Recruiting and Selecting for Human Resource Professionals, London: Quorum Books, 2nd ed. 1997.
Dharmaningtias, Dewi Sendhikasari, “Implikasi Moratorium Penerimaan CPNS terhadap Optimalisasi Reformasi Birokrasiâ€, Jurnal Politicia, Vol. 2, No. 2, November 2011.
Devi Isna Hayati, “Perencanaan Sumber Data Manusia Aparatur: Studi Deskriptif tentang Sistem Perencanaan SDM Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Kediriâ€, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Vol. 2, No. 1, Januari 2014, h. 1-9.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/75/M.PAN/7/2004 tentang Pedoman Perhitungan Kebutuhan Pegawai Berdasarkan Beban Kerja dalam Rangka Penyusunan Formasi Pegawai Negeri Sipil.
Makmun, “Pelayanan Pencatatan Pernikahan di KUA Kecamatan Pasca Pemberlakuan PP Nomor 48 Tahun 2014 di Propinsi DKI Jakartaâ€. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian “Pelayanan Pencatatan Pernikahan di KUA Kecamatan Pasca Pemberlakuan PP Nomor 48 Tahun 2014†yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama Jakarta di Hotel Horison Bekasi, 14-15 Nopember 2016.
Noorbani, M. Agus â€Pelayanan Pencatatan Pernikahan di KUA Kecamatan Pasca Pemberlakuan PP Nomor 48 Tahun 2014 di Propinsi Sumatera Baratâ€. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian “Pelayanan Pencatatan Pernikahan di KUA Kecamatan Pasca Pemberlakuan PP Nomor 48 Tahun 2014†yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama Jakarta di Hotel Horison Bekasi, 14-15 Nopember 2016.
Nugroho, Novi Dwi, “Pelayanan Pencatatan Pernikahan di KUA Kecamatan Pasca Pemberlakuan PP Nomor 48 Tahun 2014 di Propinsi Kepulauan Riau†Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian “Pelayanan Pencatatan Pernikahan di KUA Kecamatan Pasca Pemberlakuan PP Nomor 48 Tahun 2014†yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama Jakarta di Hotel Horison Bekasi, 14-15 Nopember 2016.
Patton, Michael Quinn, Metode Evaluasi Kualitatif (Terj. Budi Puspo Priyadi, Cet. Kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Peraturan Menteri Agama Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan.
Tohir, Mudjahirin, Kondisi dan Kinerja Kantor Urusan Agama Di Jateng, DIY, dan Jatim, Semarang: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, (ed.) 2010.
Troachim, William dan Donelly, James P, The Research Methods Knowledege Base, Cincinnati, Ohio: Atomic Dog Publishing, 2006.
Umam, Khaerul, Manajemen Organisasi. Bandung: Penerbit Pustaka Setia, 2012.
Yuniarsih, Tjutju & Suwatno, Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2008.
Troachim, William M. The Research Methods Knowledge Base, 2nd Edition. Didapat dari http://www.socialresearchmethods.net/kb/ (version current as of October 20, 2006).